RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP N 2 Mranggen
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/semester : VII/2
Alokasi Waktu : 4
x 40 menit( 2
kali pertemuan)
A. Standar
Kompetensi : Berbicara
14. Mengunkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen.
B. Kompetensi
Dasar : 14.1. Menanggapi
cara pembacaan cerpen.
C. Indikator :
1.
Mampu
menangkap unsur-unsur intrinsik cerpen serta isi dan suasana cerpen yang
didengarkan.
2.
Mampu
mengungkapkan lafal, intonasi, mimik dan ekspresi pembaca cerpen.
3.
Mampu
menanggapi cara pembacaan cerpen.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik mampu menangkap unsur-unsur intrinsik cerpen serta isi
dan suasana cerpen yang didengarkan.
2. Peserta
didik mampu mengungkapkan lafal,
intonasi, mimik dan ekspresi pembaca cerpen.
3.
Peserta didik mampu menanggapi cara pembacaan cerpen.
E.
Materi Pembelajaran
-
Cara
menanggapi pembacaan cerpen dan implementasinya.
F.
Model
Pembelajaran
-
Think
Pair and Share
G.
Metode
Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya
Jawab
-
Diskusi
-
Penugasan
H.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan
Pertama
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Guru
disiplin dengan masuk
kelas tepat waktu.
b. Guru
bersikap religius dengan mengucapkan
salam sebelum memulai
pelajaran.
c. Guru peduli terhadap siswa dengan
mengecek kehadiran siswa.
d. Guru
melakukan apersepsi :
Mengingat kembali materi sebelumnya guna menambah kecerdasan siswa.
e. Motivasi: guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan
mengaitkan dengan keidupan sehari-hari sebagai sifat peduli kepada siswa.
|
10’
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
1. Guru
menjelaskan materi tentang unsur-unsur
intrinsik cerpen serta isi dan suasana cerpen.
2. Memberi kesempatan siswa bertanya agar lebih jelas dah
lebih percaya diri.
3. Siswa membaca cerpen dalam hati dan siswa harus
berfikir kritis untuk menemukan unsur-unsur intrinsik serta isi dan suasana
cerpen yang sudah dibaca. Selanjutnya guru dan siswa membahas bersama-sama.
b. Elaborasi
1. Guru
membentuk siswa ke dalam
kelompok dari teman
sebangku untuk bekerja sama.
2. Setiap kelompok berfikir kritis untuk mendiskusikan
unsur-unsur intrinsik serta isi dan suasana cerpen yang sudah dibaca.
3. Selanjutnya setiap kelompok menempelkan hasil diskusi
mereka di papan tulis dan menyampaikan hasil diskusi dengan percaya diri.
c. Konfirmasi
1. Guru
memberi kesempatan siswa untuk bertanya agar siswa lebih jelas dan melatih percaya diri.
2. Guru
meminta tiap kelompok mengumpulkan hasil
diskusi.
3. Guru
memotivasi siswa yang kurang aktif.
|
60’
|
3.
|
Kegiatan
akhir
a. Guru
dan siswa membuat kesimpulan terhadap materi yang di pelajari.
b. Guru
memberikan PR kepada siswa sebagai latihan agar setiap siswa bisa mandiri..
c. Guru
mengakhiri pelajaran dengan salam.
|
10’
|
Pertemuan
Kedua
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Guru
disiplin dengan masuk
kelas tepat waktu.
b. Guru
bersikap religius dengan mengucapkan
salam sebelum memulai
pelajaran.
c. Guru peduli terhadap siswa dengan
mengecek kehadiran siswa.
d. Guru
melakukan apersepsi :
Mengingat kembali materi sebelumnya guna menambah kecerdasan siswa.
e.
Motivasi: guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan mengaitkan dengan
keidupan sehari-hari sebagai sifat peduli kepada siswa.
|
10’
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1. Guru
menjelaskan materi tentang lafal,
intonasi, mimik dan ekspresi pembaca cerpen dan menanggapi cara pembacaan
cerpen .
2. Memberi kesempatan siswa bertanya agar lebih jelas dah
lebih percaya diri.
3. Siswa mendengar pembacaan cerpen yang dilakukan oleh
narasumber.
4. Guru dan siswa bersama-sama menanggapi pembacaan cerpen
yang telah didengarkan tadi.
b.
Elaborasi
1.
Guru membentuk keompok 4 anak untuk bekerja sama.
2.
Setiap kelompok berfikir kritis untuk mendiskusikan tentang lafal,
intonasi, mimik dan ekspresi pembacaan cerpen yang telah dibaca oleh
narasumber.
3.
Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi dengan percaya diri.
4.
Guru mengajak siswa untuk membuat kesimpulan.
c.
Konfirmasi
1.
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
2.
Guru meminta kelompok untuk mengumpulkan hasil diskusi.
|
60’
|
3.
|
Kegiatan Akhir
1.
Guru mengajak siswa untuk membuat kesimpulan dari materi yang telah
dipelajari.
2. Guru
memberikan PR kepada siswa sebagai latihan agar setiap siswa bisa mandiri..
3.
Guru mengakhiri pelajaran dengan salam.
|
10’
|
I. Sumber
Belajar
1. LKS
Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs
kelas VII semester 2.
2. Antologi Cerpen.
3. Bahasa
dan Sastra Indonesia untuk SMP/MTS kelasVII, Yudhistira.
4.
Bahasa Indonesia untuk SMP/MTS kelas
VII.
J. Media
Pembelajaran
1. Teks Cerpen.
2. Antologi Cerpen.
3. Kertas pasangan untuk unsur intrinsik cerpen.
4. LCD, contoh pembacaan cerpen.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
instrumen
|
|
-
Mampu menangkap unsur intrinsik serta isi dan suasana cerpen yang
didengar.
-
Mampu mengungkapkan lafal, intonasi, mimik dan ekspresi pembaca cerpen.
-
Mampu menanggapi pembacaan cerpen.
|
Tes lisan
|
Daftar
pertanyaan
|
-
Apa isi dan suasana cerpen yang kamu dengar serta bagaimana unsur
intrinsiknya?
-
Bagaimanakah lafal, intonasi, mimik dan ekspresi wajah pembaca cerpen
yang kamu saksikan?
-
Bagaimanakah cara pembacaan cerpen yang kamu lihat dengan suasana, isi,
dan pesan cerpen?
|
Semarang,
7 maret 2012
Mengetahui, Mahasiswa
praktikan
Guru pamong
Rofiah, S.Pd. Dial
Trada
NIP
19720706200712008 NPM
07410581
No comments:
Post a Comment