RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
: SMP N 2 Mranggen
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/semester : VII/2
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit( 1 kali
pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi : Membaca
11.Memahami
wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan
membaca memindai.
B.
Kompetensi
Dasar : 11.1 Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku
biografi
yang di baca secara intensif.
C.
Indikator :
1. Membuat inti sari riwayat hidup tokoh
dari buku biografi.
2. Menyimpulkan keistimewaan tokoh.
3. Mencatat hal-hal yang dapat diteladani
dari tokoh.
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat membuat inti
sari riwayat hidup tokoh.
2. Peserta didik dapat menyimpulkan keistimewaan
tokoh.
3. Peserta didik dapat mencatat hal-hal
yang dapat diteladani dari tokoh.
E.
Materi Pembelajaran
Pengungkapan
hal-hal teladan dari tokoh dalam biografi.
F.
Model Pembelajaran
1. Talking stick
2. STAD
G.
MetodePembelajaran
1. Ceramah
2. Penugasan
3. Tanya jawab
H.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter
|
1
2
3
|
Pendahuluan
a.
Guru memasuki kelas tepat waktu.
b.
Guru memulai pelajaran dengan berdo’a dan mengucapkan
salam.
c.
Guru mengecek kehadiran siswa.
d.
Guru melakukan apersepsi :
Mengingat kembali materi sebelumnya.
Kegiatan
Inti
a.
Eksplorasi
1.
Guru menjelaskan secara singkat tentang biografi.
2.
Guru memberi contoh soal mengenai materi yang
sudah di jelaskan dan meminta siswa untuk melanjutkan mengerjakan contoh soal
tersebut di depan kelas.
3.
Guru member kesempatan siswa untuk bertanya.
b.
Elaborasi
1.
Guru membentuk siswa kedalam kelompok yang
anggotanya empat lima anak secara heterogen.
2.
Guru member tugas kelompok tentang materi biografi.
Tiap anggota kelompok yang sudah mengerti, dapat menjelaskan pada anggota lainnya
sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
3.
Guru memberi pertanyaan atau kuis kepada seluruh siswa.
c.
Konfirmasi
1.
Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya.
2.
Guru meminta tiap kelompok mengumpulkan hasil diskusi.
3.
Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran.
Kegiatan
Akhir
a.
Guru dan siswa membuat kesimpulan terhadap materi
yang di pelajari.
b.
Guru memberikan PR kepada siswa sebagai latihan.
c.
Guru mengakhiri pelajaran dengan do’a.
|
20
50
10
|
Disiplin
Religius
Kepedulian
Kecerdasan
Kepedulian
Percaya
diri
Percaya
diri
Demokratis
Berfikir
kritis
Berfikir
kritis
Demokratis
Kemandirian
Religius
Demokratis
Kemandirian
Religius
|
I.
Sumber
Belajar
a.
LKS
Bahasa Indonesia untuk SMP/MTS kelas VII semester 2
b.
Buku
Biografi
c.
Bahasa
dan Sastra Indonesia untuk SMP/MTS kelasVII, Yudhistira.
d.
Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTS kelas VII.
J. Media Pembelajaran
a. Papan tulis
b. Spidol
c. Penggaris ( stick )
d. Teks biografi
K. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
1. Mampu menyarikan riwayat hidup tokoh.
2. Mampu mendata keistimewaan tokoh.
3. Mencatat
hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh.
|
Penugasan individu /
kelompok
|
Proyek
|
Bacalah buku biografi kemudian
buatlah laporan yang berisi inti sari riwayat hidup tokoh, keistimewaan tokoh,
dan hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh.
|
Pedoman Penskoran
No
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
2
3
|
Peserta
didik mampu menyarikan riwayat hidup tokoh.
Peserta
didik mampu menyarikan riwayat hidup tokoh, tetapi kurang lengkap.
Peserta
didik berusaha menyarikan riwayat hidup tokoh, tetapi masih salah.
|
30
20
10
|
4
5
6
|
Peserta
didik mampu mendata keistimewaan tokoh.
Peserta
didik mampu mendata keistimewaan tokoh, tetapi masih kurang lengkap.
Peserta
didik berusaha mendata keistimewaan tokoh, tetapi masih salah.
|
30
20
10
|
7
8
9
|
Peserta
didik mampu mendata hal-hal yang dapat diteladani dari
tokoh.
Peserta
didik mendata hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh, tetapi kurang lengkap.
Peserta
didik berusaha mendata hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh, tetapi salah.
|
30
20
10
|
Skor maksimal
Semarang,
31 Januari 2012
Mengetahui, Mahasiswa Pratikan
Guru Pamong
Dial Trada
Rofiah, S.pd. NPM 07410581
No comments:
Post a Comment