(
RPP )
Nama Sekolah : SMP N 2 Mranggen
Mata
Pelajaran :Bahasa Indonesia
Kelas/semester : VII/2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 1 kali pertemuan )
A. Standar
Kompetensi : Membaca
11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca
intensif
dan membaca memindai.
B. Kompetensi
Dasar : 11.3 Mampu menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram.
C. Indikator
:
1.
Menyebutkan bagian-bagian tabel/diagram
dengan tepat.
2.
Menemukan makna/isi table dengan tepat.
3.
Mengubah tabel/diagram dalam bentuk narasi.
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menyebutkan bagian-bagian
tabel/diagram dengan tepat.
2.
Peserta didik dapat menemukan makna/isi
tabel dengan tepat.
3.
Peserta didik dapat mengubah tabel/diagram
dalam bentuk narasi.
E. Materi
Pembelajaran
Buku
teks,media cetak yang di dalamnya terdapat tabel/diagram.
F. Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Penugasan
G. Model
Pembelajaran
Think
pair and share
H. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter
|
1
2
3
|
Pendaluan
a.
Guru memasuki kelas tepat waktu
b.
Guru memulai pelajaran dengan berdo’a
dan mengucapkan salam.
c.
Guru mengecek kehadiran siswa.
d.
Guru melakukan apersepsi:
Mengingat
kembali sebelumnya.
e.
Motivasi : Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran dan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
1.
Guru menjelaskan secara singkat tentang
tabel/diagram.
2.
Guru dan siswa-siswa bersama-sama
membahas latihan soal.
3.
Guru member kesempatan siswa untuk
bertanya
b.
Elaborasi
1.Guru
membentuk siswa kedalam kelompok yang anggotanya dua anak dari teman sebangku.
2.Guru
memberikan tugas kepada kelompok. Salah satu kelompok berbicara mengenai jawaban,
kelompok lain menanggapi.
3.Guru
mengajak siswa membuat kesimpulan dari diskusi.
c.
Konfirmasi
1.
Guru memberi kesempatan siswa bertanya.
2.
Guru meminta kelompok mengumpulkan
hasil diskusi.
3.
Guru memotivasi siswa yang kurang
aktif.
Kegiatan
Akhir
1.
Guru dan siswa bersama-sama menarik
kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
2.
Guru memberikan PR kepada siswa sebagai
latihan.
3.
Guru mengakhiri pelajaran dengan salam.
|
20
50
10
|
Disiplin
Religius
Kepedulian
Kecerdasan
Kepedulian
Kepedulian
Demokrasi
Percaya
diri
Kerjasama
Demokratis
berfikir
kritis
Percaya
diri
Kejujuran
Kepedulian
Demokratis
Kemandirian
Religius
|
I. Sumber
Belajar
a.
LKS Bahasa Indonesia untuk SMP/MTS kelas
VII semester II
b.
Buku Bahasa dan Sastra Indonesia untuk
SMP/MTS kelas VII, Yudhistira.
c.
Bahasa Indonesia untuk SMP/MTS kelas VII
d.
Bahasa Belajar Edukatif, tentang tabel/diagram.
J. Media
Pembelajaran
1.
LCD
2.
Papan tulis
3.
Spidol
4.
Gambar
K. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
1.
Mampu mengenali bagian-bagian
diagram/tabel.
2.
Mampu menemukan makna/isi dari tabel/diagram.
3.
Mampu mengubah tabel/diagram
menjadi bentuk narasi.
|
Penugasan
individu/kelompok
|
PR
|
Mencari
tabel/diagram kemudian narasikan sesuai dengan isinya.
|
Pedoman
Penilaian
No
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
2
3
|
Peserta
didik mampu menyebutkan bagian-bagian tabel/diagram dengan tepat.
Peserta
didik mampu menemukan makna/isi table dengan tepat, tetapi kurang lengkap.
Peserta
didik berusaha menyebutkan bagian-bagian tabel/diagram, tetapi masih salah.
|
30
20
10
|
4
5
6
|
Peserta
didik mampu menemukan makna/isi table dengan tepat.
Peserta
didik mampu menemukan makna/isi table dengan tepat, tetapi masih kurang lengkap.
Peserta
didik berusaha menemukan makna/isi table dengan tepat, tetapi masih salah.
|
30
20
10
|
7
8
9
|
Peserta
didik mampu mengubah tabel/diagram dalam bentuk narasi.
Peserta
didik mampu mengubah tabel/diagram dalam bentuk narasi, tetapi kurang lengkap.
Peserta
didik mampu mengubah tabel/diagram dalam bentuk narasi, tetapi salah.
|
30
20
10
|
Skor
maksimal 90
NILAI = skor perolehan/skor maksimal x100
Semarang,
02 Februari 2012
Mengetahui,
Mahasiswa
Pratikan
Guru
Pamong
Rofiah,
S.pd. Dial
Trada
No comments:
Post a Comment